Pages

Friday 29 December 2017

[BLOGTOUR] REVIEW Imitation Vol. 1 + GIVEAWAY


Judul: Imitation 01
Penulis: Park Kyung Ran
ISBN: 9786026383334
Tebal: 260 Halaman
Terbit: November 2017


Lee Ma Ha adalah salah satu anggota idol group (girl group), Tea Party. Dia menjadi terkenal karena meniru idol lain dan karena alasan ini juga, Ryoc, anggota boy bad, SHAX, sangat tidak menyukainya.  Ryoc beranggapan bahwa Lee Ma Ha terkenal hanya karena sensai bukan karena kerja dan kemampuan yang dia miliki. 
Namun, setelah mereka bertemu beberapa kali dan melakukan proyek yang sama, Ryoc mulai menyukai Ma Ha dan bersemilah benih-benih cinta.....



Imitation adalah webtoon dari Korea Selatan yang dibuat oleh Park Kyung Ran. K-toon ini bukan webtoon pertama yang saya baca, sebelumnya ada Blood Type dan Welcome to 305 yang juga saya beli dari Penerbit Haru. Membaca Imitation membuat saya keluar dari zona nyaman saya. Bisa dilihat jika saya memang tidak begitu banyak membaca webtoon mengingat webtoon yang saya baca semuanya sudah dalam betuk buku yang diterbitkan oleh Penerbit Haru. Ditambah lagi, Blood Type dan Welcome to 305 cenderung tanpa plot dan lebih menjurus kepada "slice of life" berbeda dengan Imitation yang mempunyai plot, romansa yang lumayan kental dan memiliki daya tarik penting: perkembangan karakter.

K-toon ini, seperti yang saya sebutkan diatas, kental romansa di antara idol-idol di industri peridolan  dan akan berfokus pada hubungan antara Ma Ha dan Ryoc. Bagaimana mereka harus memisahkan hubungan personal dan reputasi mereka di mata fans.

Perkembangan Ma Ha sebagai idol yang meniru idol lain, yang tidak dia sanggah juga, sangat menarik. Bagaimana dia menanggapi ejekan idol, fans dan netizen merupakan bukti bahwa karakter Ma Ha ini sangat kuat walaupun dia menampilkan dirinya sebagai gadis lemah lembut yang sering menangis juga.

Satu hal lagi yang menarik dari Imitation adalah bagaimana webtoon ini terjun ke dalam dunia K- pop dan industri peridolan secara general. Saya bukan penggemar K-pop dan industri hiburan Korea (atau industri hiburan secara general, dari Barat sampai Timur pun) sehingga Imitation ini memberikan wawasan bagi saya bagaimana beratnya masuk ke industri ini, bagaimana beratnya kerja idol dan bagaimana hal ini mempengaruhi kesehatan mereka.

Saya masih ingat kasus kemarin, seorang idol bunuh diri dan kejadian viral yang mengikutinya. Melihat laporan pemekamannya dari BBC pun saya sempat berkaca-kaca melihatnya.



Artwork Imitation bisa dibilang adalah artwork "shoujo manga" yang cantik. Versi dari Penerbit Haru malah full-color dan dengan ukuran novel paperback. Waktu saya membaca ini, saya teringat dengan komik Fruit Basket yang dulu pernah diterbitkan di Indonesia, ketika saya googling, ternyata tidak mirip, hanya saja mereka sama-sama punya artwork shoujo-manga-ish dengan karakter yang dalam opini saya juga "shoujo" banget.

Jika kalian juga ada yang pernah baca Skip Beat, komik Jepang tentang industri hiburan di Jepang, maka kalian juga akan suka membaca webtoon ini. Cantik-cantik semuanya. 3.5 of 4!



Nah, karena saya ditawari kesempatan untuk mengikuti blogtour oleh Penerbit Haru, akan ada giveaway K-toon Imitation Vol. 1 loh di Website Penerbit Haru.

Simak Syaratnya:

1. Peserta tinggal di Indonesia.
2. Follow akun twitter @penerbitharu (jika ada twitter, tidak wajib)
3. Follow akun instagram @mide_tan dan  @penerbitharu. (jika ada instagram, tidak wajib)
4. Follow blog ini.
5. Like Fan Page Penerbit Haru
6. Pertanyaan dari saya adalah: Apa nama group Lee Ma Ha? (Gampang kan? Mirip sebuah gerakan politik di Amerika Serikat loh.)
7. Simpan jawabanmu dan ikuti ketentuan Penerbit Haru nantinya di akhir sesi. Jadi simak juga pertanyaan lainnya di blog-blog yang tercantum di banner atas.

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Nama group Lee Ma Ha adalah Tea Party

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nama group lee maha adalah Tea Party

    ReplyDelete
  5. Ka, ini kalo mao beli bukunya dimana ya? Gramedia kah? Kisaran harganya berapa? Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di gramedia dot com harganya 89k, klo owlbookstore dison 20% jadi 71.2k

      klo di toko fisik saya belum cek masih available atau sudah ditarik.

      Delete
    2. Tapi beberapa hari lalu aku cari imitation di owlbookstore ko ga ada ya?

      Delete
    3. di shopee ada yang jual 71200,-
      greget banget pgn baca yg s2 nya. soalnya klo di spottoon harus beli smacam coin gtu bundling ch52 till end 29$ kurang lebih.. kemahalan yah -_-

      Delete
    4. di shopee ada yang jual 71200,-
      greget banget pgn baca yg s2 nya. soalnya klo di spottoon harus beli smacam coin gtu bundling ch52 till end 29$ kurang lebih.. kemahalan yah -_-

      Delete
    5. Aku udah hubungin owlbookstore lewat email, di shopeenya mereka cuma ada yg volume 01... yg 02 blm ada.. padahal aku mao belinya sekalian gitu..

      Aku ga ngerti pula kalo mesti baca yg berbayar, bayarnya gimana '-'? Hehehe

      Delete
  6. spottoon itu aplikasi berbayar di android kan? aku emang bukan penikmat komik digital, jadi selalu beli fisiknya, jadi maaf gak begitu bisa bantu jawab.

    Klo spotton ada di playstore seharusnya sih bayarnya bisa pake google pay, klo aku main game bayarnya pake kartu kredit :)

    klo aku liat di toped si banyak itu yang jual imitation 2 :D

    ReplyDelete
  7. Adain give away lagi dong, hehehhe

    ReplyDelete
  8. Imitation adalah webtoon dari Korea Selatan yang dibuat oleh Park Kyung Ran. K-toon ini bukan webtoon pertama yang saya baca, sebelumnya ada Blood Type dan Welcome to 305 yang juga saya beli dari Penerbit Haru. Membaca Imitation membuat saya keluar dari zona nyaman saya
    LukQQ
    Situs Ceme Online
    Agen DominoQQ Terbaik
    Bandar Poker Indonesia

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)