Pages

Tuesday 26 January 2016

[Review] The Alpha Girl's Guide - Henry Manampiring


Judul : The Alpha Girl's Guide
Author : Henry Manampiring
Penerbit: Gagas Media
ISBN: 9789797808488
Rating: 3/5

"Alpha Female adalah para perempuan yang menginspirasi, memimpin, menggerakkan orang sekitarnya, dan membawa perubahan. Mereka cerdas, percaya diri, dan independen. Bagaimana remaja dan perempuan muda bisa mengembangkan diri menjadi mereka? The Alpha Girl’s Guide akan membahas tips-tipsnya"  - Goodreads

Ada gak suatu kalimat atau gambar yang biasanya men-trigger happy feeling-mu? Saya dengan angka "dua" karena saya punya obesesi tidak sehat dengan Duo Maxwell dari seri Gundam Wing dan "alpha" karena saya suka cerita werewolf. Ha.

Alpha. Itu salah satu alasan kenapa saya beli buku ini. Dan pingin tau aja sih, wow, cowok bikin buku panduan tentang bagaimana harus jadi wanita? Ah saya gak bisa menyebut saya feminist tapi saya bisa mengangguk juga klo ada feminist yang risih dengan laki-laki sok yang bikin guide bagaimana caranya menjadi wanita idaman/anggun/atau sesuai apalah. Di Indonesia ada.... you know who, saya jadi agak sensi (maaf saya sinis banget, past tense) Tapi, dengan adanya buku dari orang dengan background berbeda sekali dengan yang saya sebutkan sebelumnya, serasa terkena angin baru.

"Ngapain sekolah tinggi toh takdir wanita itu di dapur"


Ini hal yang bagi saya paling penting ada di buku ini. Karena apa? Saya juga pernah dinasehati ibu-ibu tetangga di depan ibu saya dengan kalimat yang sama. Saya hanya bisa tertawa karena percuma berdebat dengan ibu tersebut. Beda jaman dan beda pemikiran.

Anyway, Henry Manampiring memang selebtwit, dan menurut saya gak ada salahnya dia menulis buku tentang pengamatannya, twit dan kesimpulan yang dia baca dari buku dan artikel. Sudah banyak kan buku dari kumpulan twit/jawaban ask.fm atau apa walaupun ini pertama kalinya bagi saya. Namun buku ini tidak memberitahu saya banyak hal yang baru tentang "Alpha Women" kecuali tentang beberapa detail tentang Najwa Sihab dan beberapa hal kecil yang suatu saat bisa muncul dari twit Guardian News dan situs lainnya (Eh serius bahkan beberapa link yang disebutkan di buku ini sudah pernah saya baca juga sendiri).

Alpha Female di sini memang gak ada hubungannya sedikit pun dengan makhluk mistis di Teen Wolf atau Thompson series atau Twilight, saya gak kecewa, malah seneng ada buku self help tentang wanita yang tidak didominasi si ituuuuu. hawhaw

Bagusnya juga adalah buku ini seperti text book, ada exercise-nya ada rangkumannya juga. Intinya buku ini jelas terstruktur daripada article random tentang wanita atau dunia pada umumnya yang sering saya baca waktu di kereta, angkot atau pas di kamar mandi. lol. Dan dengan gaya Manampiring yang yah, lucu, buku ini lumayan menghibur. Apalagi dengan ilustrasi lucuk! Satu cewek di ilustrasi tersebut mirip banget sama Hinata di Naruto. Gemez.

Tapi sayang sekali, adek cewek saya nampaknya sama sekali (belum) tidak minat baca buku ini, padahal setelah saya tau ini buku non-fiksi dan isinya lebih ditujukan kepada gadis-gadis manis yang belum tau pahitnya dunia, saya ingin buku ini dibaca adik saya yang ada di tahun terakhir SMA. Adik saya malah berkomentar, "Tumben baca beginian.".

Tiga bintang untuk non-fiksi yang bisa sedikit mengalihkan saya sejenak dari membaca artikel tentang ISIS, pengungsi dan Trump.

Oh dan teman saya pernah berkomentar, "Jangan bilang takdir wanita itu di dapur. Di sana banyak pisau!"

No comments:

Post a Comment

sankyu ya (*≧▽≦)