Pages

Saturday 7 September 2013

[Review] Tangan Besi - 100 Tiran Penguasa Dunia


Judul: Tangan Besi - 100 Tiran Penguasa Dunia
Penulis: Monsanto Luka
Bahasa: Indonesia
Genre: non-fiksi, historical
Penerbit: Galangpress
Halaman: 291p
Bintang: ✮ ✮ ✮

Blurb
"Sejarah mencatat, kekuatan-kekuasaan selalu berdampak ganda. Negara kuat berjalan seiring dengan lemahnya posisi rakyat. Dalam perbenturan antara negara dan rakyat itu, kerap lahir penguasa bertangan besi. Mereka memimpin negara dengan keji. Kekerasan adalah jalan keutamaan menuju kejayaan. Kuasa kata begitu hegemonik untuk menundukkan......"

~*~*~*~

Ketika tokoh yang paling saya sukai, Alexander Agung masuk dalam urutan 3 dalam buku ini, saya kaget. Lalu saya ingat...

"Power tends to corrupt, absolute power corrupts absolutely."

Tapi tetap saja tidak setuju. Sosok Iskandar, walau memang tipikal raja jaman dulu, tetap wah di kepala saya karena anime Fate/Zero :v

tapi...

"Pada satu titik, sang tokoh akhirnya hanya manusia biasa yang tak luput dari kelemahan, sesuatu yang mungkin kurang menyenangkan bagi mereka yang mengidolakannya."


Contohnya lagi adalah ketika Harun Al-Rasyid masuk dalam kategori tiran, saya kaget, karena ketika membaca buku sejarah di sekolah (di mata anak-anak tentunya, ketika dewasa, hati ini sudah skeptis sekali), beliau ini orang hebat. Lalu kok bisa dia tiran? Ternyata karena perlakuannya pada Ja'far yang merupakan adik iparnya. Saya tidak percaya dengan penjabaran kejam di buku, akhirnya saya googling, dan yah, sekalipun beliau ini salah satu khalifah yang dielu-elukan dari Dinasti Abbasiyah, ada juga jeleknya yang tidak disebutkan dalam buku sejarah (di Indonesia). Apa yang dilakukannya Harun pada Ja'far memang kejam dan pada dasarnya dia sendiri yang membuat dinasti ini hancur.

Buku macam ini yang membuat saya lama menyelesaikannya karena saya harus mengecek sendiri di internet :v

Apa yang dilakukan tiran-tiran dibuku ini bahkan tak terbayangkan. Membaca buku ini seakan membaca buku thriller. Saya cuman bisa nyebut ketika membaca sesuatu yang kejamnya keterlaluan, seperti yang dilakukan orang-orang kulit putih di Afrika. Saya jadi ingat salah seorang yang ngotot masalah white supremacist dan orang berwarna harus "benci" orang kulit putih, sekalipun dia orang kulit putih sendiri (jujur saya juga gak paham dia. Muslimah Bosnia) Apa yang mereka lakukan terhadap orang Indian dan Afrika jaman dulu itu sungguh mengerikan :(

Buku ini berisi kejahatan tokoh-tokoh tiran dunia yang dipilih Monsanto Luka, kebanyakan memang masuk kategori tiran, tapi sebagian hanya orang gila yang menurut saya tidak begitu layak dipanggil tiran, seperti Ludwig II of Bavaria, hanya karena dia eksentrik dan homo bukan berarti dia tiran :v

Kadang juga saya merasa buku ini terlalu subjektif, seperti buku propaganda. Penjelasan tiran-tiran di sini begitu dijelek-jelekkan dan tak ada satupun hal baiknya.

Banyak typo, banyak salah tulis tanggal, editornya makan gaji buta. Tapi walupun ini merupakan buku yang sekalipun editannya parah, saya tidak sanggup memberi nilai dua, karena yah, buku ini menarik. Banyak tokoh-tokoh yang tidak saya kenali ada di buku ini, pengetahuan lah :3

2 comments:

sankyu ya (*≧▽≦)