Friday, 28 March 2014

Yang Bertamu Adalah Ilham


Judul: Yang Bertamu Adalah Ilham
Penulis: Tengsoe Tjahjono
Genre: puisi
Penerbit: Sanggar Kalimas Surabaya
Halaman: 96p
ISBN: 978-602-9850-14-7

Tidak banyak buku puisi yang saya baca. Saya ingat, entah kapan, saya membakar semua puisi yang saya tulis ketika masih SMP-SMA bersama dengan poster Kamen Rider Ryuuki. Terlalu banyak kenangan buruk yang dibawa oleh kumpulan puisi tersebut dan saya tidak tau harus diapakan poster Kamen Rider Ryuuki yang merupakan salah satu series tokusatsu yang paling saya sukai.

"Ilham muncul manakala seorang penyair gelisah saat bertemu dengan peristiwa."

Madre: Kumpulan Cerita


Judul: Madre
Penulis: Dee/Dewi Lestari
Genre: romance
Bahasa: Indonesia
Penerbit: Bentang Pustaka
Halaman: 162
Cetakan: Pertama, Juli 2011
ISBN: 978-602-8811-49-1

Madre dari 13 prosa dan karya fiksi, Madre merupakan kumpulan karya Dee selama lima tahun terakhir. Untaian kisah apik ini menyuguhkan berbagai tema: perjuangan sebuah toko roti kuno, dialog antara ibu dan janinnya, dilema antara cinta dan persahabatan, sampai tema seperti reinkarnasi dan kemerdekaan sejati.

Tuesday, 25 March 2014

Coin Locker Babies


Judul: Coin Locker Babies
Penulis: Ryu Murakami
Genre: cultural, asian literature, young adult, mature
Bahasa: Indonesia
Halaman: 560p
Penerbit: PT. Elex Media Computindo
Status: dipinjami Mas Tezar

Dua anak laki-laki yang semasa bayi pernah dibuang ke loker sewaan di stasiun oleh ibu mereka masing-masing, menghabiskan masa kecil mereka di panti asuhan, sebelum akhirnya diangkat anak oleh sebuah keluarga. Ketika beranjak remaja, keduanya meninggalkan kampung halaman di pulau dan pergi ke kota besar. 
Sejak saat itu, mereka memulai pencarian terhadap wanita yang telah mengabaikan mereka sekaligus menyusun rencana untuk menghabisinya...
Perasaan saya berubah-ubah ketika membaca novel ini. Mulai dari antisipasi sampai akhirnya mencapai klimaks lalu dibuat kecewa sekali dengan setengah perjalanannya. 

Kecewa sekali. 

Friday, 21 March 2014

Friday's Reccomendation #4 : Dadaisme


Hai, sudah lama ya saya tidak update blog ini, kerjaan dan drama kehidupan benar-benar menyita waktu saya nih, baca aja juga jarang. Nah, mumpung malam Sabtu dan saya tidak harus lembur besok (dan entah kenapa hari ini saya tidak merasa capek), saat yang tepat buat update blog :3

Kali ini saya akan merekomendasikan buku yang saya baca saat saya masih SMA, ketika saya tidak banyak tau tentang hal-hal dewasa dan pikiran belum terbuka seperti sekarang. Ketika belum banyak buku yang saya baca. Novel ini termasuk bacaan yang membuat saya tercengang untuk beberapa hari dan masih ingat sampai sekarang dan selalu saya anggap novel bagus. Apakah jika saya membacanya ulang, dengan pemikiran dan preferensi sekarang, novel ini masih masuk dalam daftar "bagus"?