Wednesday, 24 September 2014

The Graveyard Book - Cerita dari Pemakaman


Judul: Cerita dari Pemakaman
Penulis: Neil Gaiman
Terbit: April 2013
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Genre: young adult, fantasy, supernatural, mystery
Rating: T

Nobody Owens––panggilannya Bod––adalah anak biasa, benar-benar biasa, seandainya dia tidak tinggal di kompleks pemakaman, dibesarkan oleh hantu-hantu, dengan wali yang tidak berasal dari dunia orang hidup maupun orang mati. Banyak petualangan di pemakaman itu, dan kalau Bod pergi ke dunia luar, dia terancam bahaya dari pria bernama Jack––yang telah membunuh seluruh keluarga Bod.

***
Butuh waktu lama untuk membaca buku ini, dan butuh waktu lama juga untuk menyadari bahwa The Graceyard Book adalah fusion (ala fanfic begitu) dari The Jungle Book. Pembelaannya, saya kan gak begitu suka Disney ya, jadi gak begitu waow juga dengan The Jungle Book sampe hal itu terlepas dalam ingatan saya.

Saya meminjam buku ini dari Mbak Dania, yang saya kembalikan ketika gath GRI Malang setelah Idul Fitri. Jadi maafkanlah karena jarak dari saya selesai membaca dan mengulas buku ini cukup jauh sehingga tidak akan begitu dalam reviewnya. Terlebih lagi, saya merasa tidak ada novel dari Neil Gaiman yang menggugah selain American Gods.The Graveyard Book bercerita tentang Nobody Owens, anak yang dirawat oleh hantu sejak masih kecil di pemakaman. Hence, The Graveyard Book. Asal muasal kenapa Owens bisa dirawat oleh hantu adalah karena keluarganya yang dibunuh oleh pria bernama Jack, dengan keberuntungan bayi, Nobody keluar dari tempat tidurnya ketika pembunuhan terjadi dan....hebatnya keluar rumah, merangkak ke pemakaman yang ada di dekat rumahnya yang dihuni hantu dan beberapa makluk supernatural lain. Wow.

Hantu suami-istri Owens yang selama hidup mereka tidak dikarunia anak memohon kepada penghuni pemakaman lain agar bisa diijinkan merawat bayi tersesat dan dalam kondisi bahaya tersebut karena mereka tau pria bernama Jack itu tidak akan tinggal diam jika tidak ada yang melindungi bayi tersebut. Bersama Silas, makhluk supernatural yang bisa menyentuh benda hidup yang jenisnya baru saya sadari lama kemudian, hantu suami-istri Owens membesarkan Nobody Owens hingga Nobody cukup dewasa untuk mengurusi dirinya sendiri.

Seperti yang bisa kalian tebak, Owens adalah nama keluarga suami-istri Owens yang menjadi orang tua angkat Nobody, sedangkan Nobody sendiri adalah nama yang diberikan penghuni pemakaman kepada bayi pemberani tersebut. Alasan kenapa pria bernama Jack membunuh keluarga Nobody akan dijelaskan lebih lanjut dan tipikal Neil Gaiman untuk mencampurkan mitos-mitos di dalam novel yang ditulisnya. Selain gaya penulisannya, fantasi tak terduga yang dimasukkan Neil Gaiman selalu bisa membuat saya penasaran.

Ngomong-ngomong, aura yang saya dapat ketika membaca novel ini adalah aura Nobody yang sama dengan Shadow di American Gods. Well, hampir semua buku Neil Gaiman yang saya baca karakternya orang-orang dengan aura surem sih. Ini satu-satunya buku Gaiman yang bisa membuat saya menitikkan air mata loh. 3 bintang~

No comments:

Post a Comment

sankyu ya (*≧▽≦)