Thursday, 17 July 2014

Simple Thinking About Blood Type

Judul: Simple Thinking About Blood Type
Penulis: Park Dong Seon
Genre: komik, humor
Setting: Korea (?)
Bahasa: Indonesia

Halaman: 262
Penerbit: Penerbit Haru


Tahu nggak sih kalau orang bergolongan darah A itu orang-orang yang halus, tapi kaku dan taat pada peraturan? Atau tahukah kamu kalau golongan darah B itu orang-orang yang kreatif dan bebas?

Apa jadinya kalau mereka disatukan? Jangan-jangan, bisa terjadi pertengkaran!

Ternyata, selain perbedaan jenis kelamin, tempat tinggal, agama, dan kondisi ekonomi, golongan darah juga bisa menentukan perbedaan sifat kita, lho.

Meski sifat seseorang tidak bisa hanya dilihat dari golongan darahnya, semoga komik Simple Thinking about Bloodtype ini bisa menghibur, sekaligus sedikit membantu kamu untuk memahami orang lain, ya

Beberapa musim yang lalu, sepertinya musim semi 2013, Ketsuekigata-kun! di-anime-kan, karena kelihatan harmless dan lucu, saya membiarkan adek yang masih umur 11 tahun menontonnya. Ditambah subtitle dari Cenat-Cenut Fansub begitu konyol sehingga double lucunya.

Saya suka memang, sudah lama melihat web comic ini lalu lalang di home twitter dan FB, ditambah dengan seiyuu mumpuni macam Ishida Akira dan Jun Fukuyama, 5 menit yang kocak.

Saya sering sekali menemukan adek saya menonton ulang Ketsuekigata-kun! berulang-ulang di rumah, dan ketika saya mengajak adek main ke Gramedia dan dia menemukan buku ini, dia minta dibelikan....padahal uang sudah habis, karena Gramedia masuk dalam urutan terakhir pilgrimage to mall ;w;


Untunglah, 2 minggu kemudian saya bisa membelikan adek buku ini.


Sebenarnya urusan blood type ini bukan hal yang baru. Yang sudah SMA pasti pernah belajar sosiologi dan mengerti sifat orang terbentuk oleh apa saja, kan? Gen salah satunya.

Saya sudah merasa ada pembedaan yang sangat jelas antara golongan darah satu dengan yang lain ketika masih SMP. Saya yang saat itu lagi kegandrungan beli majalah Animonster bekas (karena tentu saja saya gak mampu beli yang baru dan mahal), menemukan tokoh-tokoh anime selalu punya deskripsi golongan darah mereka. Contohnya yang paling jelas adalah Hunter x Hunter




Killua: golongan darah B, maunya sendiri, kucing


Gon, well, kalian taulah golongan darah O seperti apa, saat itu golongan darah O jadi fav untuk jadi tokoh utama :v
Kurapika, misterius...misterius. 


                                             Leorio! Selalu khawatir ini itu, khas A banget~

Nah, ya kan? Betapa kagetnya ternyata Keitsuegatakun ternyata dari mangaka korea? Agak kaget.

Saya jujur lebih menyukai versi animenya. Seiyuu adalah poin plus-plus dari animenya.

Selanjutnya, jika terus dibahas, penjelasan tentang golongan darah akan menyebalkan dan membosankan. Contohnya, misunderstoo blood type B. Rasanya jelek banget sifat-sifatnya :v

Tiga Bintang <3

No comments:

Post a Comment

sankyu ya (*≧▽≦)