Saturday, 1 February 2014

The Bear Come Over the Mountain: the Ultimate Love Story


Judul: The Bear Come Over the Mountain: the Ultimate Love Story
Penulis: Alice Munroe
Penerjemah: Anton WP
Penerbit: BukuKatta 
Bahasa: Inggris & Indonesia
Genre: short story, romance
Halaman: 64p
Rating: T
Bintang: ✮ ✮ ✮ ✮

Judul kisah ini terasa aneh karena tak ada seorang beruang pun dalam kisahnya. Munro mengambil judul ini dari sebuah lagu anak-anak. Lagu ini mengisahkan seekor beruang melintasi gunung, dan ynag dilihatnya ketika sampai di sana adalah bagian dari gunung itu.

***
Judulnya lebay ya? The Ultimate Love Story katanya....

.....tapi saya mewek bacanya!

Tidak ada yang lebih menyedihkan dari cerita cinta orang yang sudah berumur dan orang yang sekarat, no? Ingat BJ Habibie? Saya ingat sekali saya nangis bercucuran air mata dan ingus ketika istri Pak Habibie meninggal dan dia ditanya ini itu oleh entah siapa itu di Metro TV. Saya memang cengeng, tapi serius itu Pak Habibie bikin dehidrasi dengan kisahnya. Ketika muncul buku Habibie dan Ainun, saya menghindarinya seperti saya menghindari penyakit. Saya menghindari buku yang jelas-jelas akan bikin saya nangis. Pengecualian untuk bukunya Khaled Hosseini sih, terlanjur cinta (´_`。)

Sedihnya lagi, ini yang dicintai gak ingat cintanya! Ughuu nyesek, asem, asin!

***
Fiona dan Grant adalah pasangan yang telah menikah selama 50 tahun dan tanpa anak. Mereka apa yang kamu bisa bilang: pasangan awet. 

Ketika Fiona mulai melupakan hal-hal kecil yang menjadikan awal dari sebuah penyakit yang ternyata sangat mempengaruhi ingatannya. Grant memutuskan untuk mengirimnya ke rumah sakit yang lebih bisa merawat istrinya, saya mikirnya ini sejenis panti jompo.

Terganggu ingatannya, Fiona mulai bersahabat dengan salah seorang pasien di sana, Aubrey, agak lumpuh, yang membuatnya bergantung pada istrinya, Marian. Istrinya menginkan sedikit waktu untuk dirinya sendiri, berlibur dan menitipkan Aubrey ke rumah sakit itu untuk sementara. 

Persahabatan tersebut berlanjut menjadi percintaan di antara keduanya. Aubrey sangat posesif pada Fiona sedangkan Fiona begitu menyayangi Aubrey. 

Bagaimana dengan Grrant? Fiona lupa jika dia menikah dengannya, tentu saja. 

Nyesek.

Dengan alur yang lompat-lompat, dijelaskan bahwa Grant tidak sepenuhnya lelaki yang setia, dia juga pernah berselingkuh selama dia menikah dengan Fiona.

Namun, sampai akhir, dia melakukan apapun yang dia bisa agar Fiona tetap sehat, sekalipun itu dengan membuat Fiona dekat dengan lelaki lain.

***

Banyak hal yang menggangu saya di sini, kecenderungan Grant untuk tidak bisa mengontrol nafsunya dan kenapa dia malah mengirim Fiona ke Panti Jompo? Judul aslinya kan katanya "While her Away", iya, while her away, Grant bisa selingkuh kali yak. Saya juga gak paham.

Mengesampingkan hal-hal aneh di atas, cerpen ini sukses bikin hati saya rasanya seperti diperes.

Tentang penulis


Alice Munro lahir pada 10 Juli 1931 di Kanada. Ayahnya adalah seorang petani dan peternak sedangkan ibunya adalah seorang guru. Cerita yang ia tulis berfokus pada hubungan manusia melalui sudut pandang kehidupan sehari-sehari.

Monroe memenangkan noble sastra di tahun 2013.

Oh well, setidaknya koleksi cerita dari pemenang nobel sastra saya bertambah ;)

3 comments:

  1. Banyak yg bilang cerita ini bagus. Dari paket sastra itu, pengen banget baca yang ini. *tapi tak kunjung ke bank aaah* *tepok skripsi*

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)