Tuesday, 11 February 2014

Ben Hur (Illustrated Classic Book)


Judul: Ben Hur
Penulis: Lew Wallace
Penerbit: suatu penerbit di Malaysia
Bahasa: Inggris 
Genre: historical, classic, religion, children
Halaman: gak nyampe 70 halaman
Status: baca di Perpus Kota Malang

***
Judah Ben Hur adalah seorang pangeran Yahudi kaya raya dan seorang pedagang di Jerussalem di awal abad pertama Masehi. Kawan lamanya, Messala, suatu hari muncul sebagai komandan pasukan Romawi. Menolak ajakan Messala untuk menjadi prajurit Romawi karena dia adalah seorang yahudi yang taat, Ben Hur dan Messala menjadi musuh bebuyutan.

Karena ketidakberuntungannya, Judah Ben Hur tidak sengaja menjatuhkan bata/batu di atas kepala walikota yang sedang pawai. Meskipun Messala tahu Ben Hur tidak bersalah, ia menuduhnya dan memerintah pasukannya untuk menangkapnya. Ia ditangkap pasukan Romawi di rumahnya, ibu dan adiknya diasingkan dan Ben Hur dijadikan budak Romawi.

Pertemuannya dengan Jesus pertama kali terjadi ketika ia begitu kehausan , orang-orang Jerusalem yang ingin memberinya minum karena dia dulunya adalah seorang pangeran ditindak oleh Pasukan Romawi. Tidak ada seorang pun yang diperbolehkan memberi minum, sampai akhirnya Jesus, dengan kharismanya berhasil menaklukkan keberangan pasukan Romawi dan memberi Ben Hur minum.

Setelah itu, dengan berbagai keberuntungan, status Ben Hur naik karena dia telah menyelamatkan kapten kapal Romawi yang diserang oleh perompak kapak Yunani. Ia diangkat anak oleh kapten tersebut sehingga ia akhirnya mendapat kehidupan dan pendidikan ala Romawi seperti yang pernah Messala elu-elukan padanya.

Setelah babak ini mulai, dia memulai perjalanan untuk membalas dendam kepada Messalea, menemukan ibunya dan adiknya, serta mengambil apa yang menjadi haknya.

Kisah hidup Ben Hur sendiri pararel dengan kisah Jesus sampai penyalipannya, mengingat mereka berdua seumuran. Dikisahkan Ben Hur adalah sosok pangeran yanng tinggi kekar sementara Jesus dengan sosok yang lebih tetapi tak mengurangi kharismanya. 

Di akhir cerita ini, Ben Hur ikut menyebarluaskan ajaran Jesus.

***

Perlu saya beritahu bahwa ini bukan buku yang ditulis Lew Wallace yang setebal 400-an halaman melainkan ringkasan cerita Ben Hur oleh Lew Wallace yang ditujukan untuk anak-anak.

Saya rasa buku sederhana yang saya baca di Perpustakaan Kota Malang ini cukup untuk memenuhi rasa penasaran saya terhadap Ben Hur. Saya ingat pernah memasukkan Ben Hur di Goodreas "to-read" list karena dari namanya saya pikir Ben Hur itu orang Mongolia (._. )" 

Buku untuk anak-anak yang saya baca tersebut menarik, gampang dimengerti dengan kata-katanya yang sederhana. Untuk illustrasi, yang jelas ilustrasinya bukan sesuatu yang saya suka. 

Buku ini sudah difilmkan 4 kali loh.

Buku bagus untuk menambah pengetahuan anak-anak dan orang yang tidak mengerti apa-apa tentang sejarah Kristen :)

Tentang penulis:


Lew Wallace lahir pada 10 April 1827 di Brookvile, Indiana. Dia adalah seorang pengacara, jendral Union ketika perang sipil Amerika, gubernur, negarawan, politikus dan penulis. Wallace menjabat sebagai gubernur New Mexico ketika Lincoln County War terjadi dan berjuang untuk mengakhiri perang tersebut.

Dari semua novel dan biografinya, dia menjadi terkenal karena novel sejarah karyanya yang berjudul Ben Hur: A Tale of Christ (1880), sebuah buku bestseller dan dikatakan sebagai buku Kristen paling berpengaruh di abad ke 19. 

3 comments:

  1. Informasi bukunya kocak banget *salah fokus*

    ReplyDelete
  2. Hahahaha. Setuju sama Kak Bzee. *ikutan salah fokus*

    ReplyDelete
  3. Pertanyaan: ini Ben Hur beneran ada atau cuma tokoh fiktif?
    *pertanyaan yg sebenernya bisa di google tapi males :p

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)