Sunday, 19 January 2014

The Cuckoo's Calling by Robert Galbraith


Judul: The Cuckoo's Calling
Penulis: Robert Galbraith
Bahasa: Inggris
Halaman: 465
Rating: M
Bintang: ✮ ✮ ✮ ✮

"The press in this country is f******* scum. Judging everyone by their f******* selves"
Ketika saya baca beberapa halaman awal novel ini, dengan seorang model yang terjun dari apartemennya, polisi dan wartawan yang seperti lalat mencium makanan yang tidak terlindungi, terlintas di kepala saya Lady Diana: yang kata suatu teori di internet, kendaraannya kecelakaan karena dikejar-kejar paparazzi.


Terlepas dari hal itu, fiksi misteri bukan genre yang biasa saya baca. Memang waktu kecil sampai SMA saya sering sekali membaca manga detektif seperti Detektif Conan, Kindaichi atau QED, tapi itu lebih karena teman saya membacanya dan/atau tidak ada bacaan lain ketika saya masih SD. Ketika teman sebangku saya selama 3 tahun, yang suka sekali cerita detektif, kuliah di tempat lain sementara saya di kampus yang juga berbeda sekali, saya terputus dari semua genre misteri.

Buku ini tentang apa sebenarnya kok saya ngotot baca sementara ini bukan genre saya?

Cormoran Strike, private investigator, diminta oleh John Bristow untuk menyelidiki kasus bunuh diri adiknya. John, tidak percaya jika adiknya bunuh diri. Jonh Bristow adalah kakak dari seorang super model, Luna Laundry, yang menurut pemeriksaan polisi tewas karena bunuh diri dengan loncat dari lantai tiga apartemennya.

Permintaan tersebut secara kebetulan datang ketika Strike mengalami masa-masa krisis, dikejar-kejar rentenir dan putus dengan tunangannya yang membuatnya harus tidur di kantor detektifnya. Plus datanglah tokoh utama kedua, Robin Ellacot, sekretaris sementara yang dikirim perusahaan yang dibayarnya, padahal dia sendiri kesulitan uang.

Kedatangannya Bristow yang mau membayar Strike dua kali lipat agar ia mau menyelidiki kematian adiknya adalah awal dari perjalanan Cormoran dan Robin untuk membokar misteri kematian Luna Laundry, The Cuckoo.

Berbagai interview dilakukan oleh Strike dan Robin terhadap orang-orang yang behubungan dengan Luna, mulai dari John sendiri sampai dengan tunawisma penyandu obat yang dekat dengan Luna.

Dari interview-interview tersebut saya melihat bagaimana manusia memandang manusia lain. Begitu berbeda antara yang satu dengan yang lain dan begitu mudahnya Cormoran melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat orang lain dalam diri seseorang. Khas detektif sekali ya :)

Kata orang tidak ada yang terlalu spesial dengan cerita detektif di buku ini, namun saya merasakan kepuasan yang saya rasakan ketika selesai membaca/menonton suatu arc kasus tertentu di manga/anime Detective Conan dan Kindaichi bertahun-tahun yang lalu, ketika bacaan saya masih seputar detektif saja. Puas. Sedikit kaget, tapi puas. Bukti jika saya memang jarang membaca fiksi misteri.

Yang menarik lagi dari novel ini adalah tokoh Cormoran Strike, sejak kuliah entah kenapa saya jadi suka sosok berseragam, militer dan polisi, yah buat hiburan mata saja sih dan delusi kaum hawa aja yang dikompori oleh buku yang saya baca *ehem*. Nah, Cormoran Strike adalah mantan polisi militer yang kehilangan sebelah kakinya saat di Afganistan, jadi dia menggunakan kaki palsu dan agak pincang jika terlalu capek *uhukJohnWatsonuhuk* Kenapa saya suka sekali dengan Cormoran? Karena dia tidak sempurna~ ahay~ Sedikit diskripsi Cormoran untuk membantu imaginasi Anda semua:

"Her accidental assailant was massive; his height, his general hairiness, coupled with a gently expanding belly suggested a grizzly bear."
 "Looking down, he saw that he had done up the buttons of his shirt wrongly, and was exposing a patch of belly so hairy that it resembled black coconut matting"

Great Cormorant
Satu lagi tokoh yang posisinya sangat penting di sini, yang karena kebergunaannya sebagai seorang sekretaris, Cormoran bisa dengan mudah melaksankan investigasi di masa-masa sulit: Robin Ellacot. Dari diskrispsi dia wanita dengan rambut blonde dan berisi. Punya tunangan seorang akuntan dan sangat suka dengan pekerjaan detektif. Mengingatkan saya dengan Hermione.

Adakah unsur romance diantara Strike dan Robin? Mengingat insiden pertemuan mereka begitu lucu dan memalukan.

European Robin
Sementara Luna Laundry, yang dipanggil Cuckoo oleh desainer yang sangat menyayanginya adalah seorang wanita campuran antara ibu berkulit putih dan seorang ayah berkulit hitam. Tipikal model dengan badan kurus dan bla bla yang sangat ingin tahu asal-usul dirinya yang diadopsi oleh keluarga Bristow.

Great Lizard Cuckoo
Saya baru tahu kemarin ketika kumpul dengan anak-anak GRI Malang di acara 2 mingguan, jika tokoh-tokoh di sini itu punya nama burung. Ih waw. 

***

Novel yang dengan bagus menggambarkan kegemaran media akan gossip, bagaimana mereka bertindak dan segala hal yang bisa ditemukan di diri Rita Skeeter (Harry Potter). Menjijikkan. Kelihatannya JKR memang gak suka media massa ya?

Plus novel ini begitu lucu karena sebagian besat ditulis berdasarkan sudut pandang Cormoran Strike yang memang seorang yang praktis, mengingat dia mantan tentara ya. Komentar-komentar terhadap sesuatu kadang begitu menggelikan 

Tujuan awal saya membaca novel ini adalah melihat apa yang orang sebut sebagai kemiripan Robert Galbarth dengan JKR. Jadi saya sejak awal sudah memiripkan Strike dengan Harry, apalagi dia begitu hairy *plak* Ketidaksukaan JKR dengan media, dengan para orang elite (keluarga Laundry dan wanita-wanita pengeruk uang lelaki kaya raya). Salah satu tokoh dari keluarga elite di sana bahkan menghidupkan alarm saya dengan keberadaan keluarga Malfoy dengan rambut putih aristokratnya. Pada akhirnya saya lebih menyamakan Strike dengan Dumbledore sih, Harry tidak terlalu pintar untuk itu. Maaf bagi kalian yang tidak suka membanding-bandingkan yah~ 

Bayangkan jika ini hanya novel misteri random tanpa blow up media massa dengan segala JKR-nya, apakah saya akan baca? Kecil sekali kemungkinan saya akan membacanya. Namun saya puas sekali dengan karakterisasi novel ini, walau plotnya menyeret-nyeret tapi benar-benar puas pada akhirnya, khas JKR sekali :3

Quotes:

"He had never been able to understand the assumption of intimacy fans felt with those they had never met" 
(novel ini penuh dengan pelajaran akan obsesi "tidak wajar" manusia pada hal-hal tertentu)
"You are like everyone else, Strike. You want your civil liberties when you have told the missus you are at the office and you are at lap-dancing club, but you want twenty-four-hour surveillance on your house when someone's trying to force your bathroom window open. Can't have in both ways"
"When her mouth puckered into hard little lines around the cigarette, it looked like a cat's anus" 
(salah satu contoh komentar Strike tentang suatu hal yang membuat saya tertawa keras)
Tentang Robert Galbarth:

Robert Galbarth adalah matan tentara polisi yang akhirnya beralih ke bisnis keamanan. Sosok dan ide tentang detektif Cormoran tumbuh dari pengalamannya sendiri.  Robert Galbarth adalah pseudonym. 

8 comments:

  1. Rating nya sama kayak rating saya, mbak. Empat bintang juga :)
    Btw, quote terakhir itu sumpah bikin ngakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehem, blogwalking here, mampir ke http://idanisme.blogspot.com/ ya, trims :)

      Delete
    2. yang selalu bikin ngakak ya Cormoran kan, makanya aku suka banget, humornya itu loh :)

      Delete
    3. ehem, itu link diatas komennya mbak jangan dianggurin plis. kesian :p

      Delete
  2. Jiah Cormoran mulu yang disebut2. tapi jadi pengen baca.
    kapan-kapan pinjem ya.
    Kapan-kapan tapi... Hehehehe

    ReplyDelete
  3. Eh baru nyadar kalo semua tokohnya dari nama burung yaa....
    Tahunya (nyadarnya) cuma Cuckoo aja sih.
    Sama, aku juga suka buku ini, meski porsi misterinya dikit (gak menghentak), tapi aku suka sisi kemanusiaan yang diusung JKR. Moga2 lanjutannya cepet terbit yak! :)

    ReplyDelete
  4. Walau kebayang-bayang Batman terus, aku suka banget sama karakter Robin. Sayang porsinya disini dikit banget. Semoga di buku selanjutnya kemunculannya jadi lebih banyak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat mbak. Berdasarkan wangsit hasil bertapa yang saya peroleh, Cormoran dan Robin akan terlibat asmara di buku selanjutnya. Mudah-mudahan porsinya Robin melakukan tugas detektif jadi lebih banyak dan "nendang" hehe :) :)

      Delete

sankyu ya (*≧▽≦)