Sunday, 8 December 2013

Meanwhile in another universe: Gath Goodreads/BBI/Pengunjung Perpustakaan (kota) Malang

dari ki-ka: Amel, Tantri, Nobel, Idan, Anisa dan saya yang pegang hape
Klo yang di barat sana sedang rame IRF, maka kami di sini saja ngadain gath sederhana.

Akhirnya, setelah sekitar 2 tahun gabung dengan Goodreads dan 5 bulan dengan BBI, ada juga kopdar atau gathering atau kumpul-kumpul atau terserah kamu mau menamakan ini apa karena yang kami lakukan adalah cuap-cuap bicara ngalor-ngedul tentang buku juga kok :))


Ide untuk gath Goodreads Malang sebenarnya selalu ada jika saya berteman dengan member GR asal Malang, "ayo kopdar!" gitu, tapi entah kenapa rasanya susah karena yang member GR asal Malang yang aktif di Malang itu tampaknya hanya sedikit.

Muncullah Idan yang benar-benar ingin merealisasikan kopdar, bukan hanya wacana saja. Saya sudah menawarkan diri jadi kordinator, minta nomer sana-sini, tapi saya ditampar kenyataan klo saya sibuk (ini alasan), jadi agak molor seminggu dari yang saya rencanakan (eh kamu punya rencana?). Intinya Idan mengingatkan jika kopdar ini harus segera dilaksanakan atau bakal molor sampai saya dapat SK

Dan akhirnya jadi juga loh walau awalnya saya panik mau ngapain gath GR ini, saya lebih terbiasa gath dengan penggemar Japanese Pop Culture daripada penyuka buku, tinggal bawa laptop/harddisk/modem dan beres semuanya, pembicaraan akan ngalir sendiri *uhuk* Apalagi genre orang yang mau datang itu beda-beda. "Klo krik-krik gimana dong" adalah momok. Saya lupa jika awal saya bergabung dengan Animac yang banyak anggotanya juga krik-krik, saya diam saja, gak kenal siapa-siapa, kalian ngomong apa saya gak ngerti :v

Semua butuh waktu.

Saya mengajak 3 teman yang saya kenal sejak SMP, bawa pasukan biar agak rame, bukan Goodreads member, bukan pula BBI, hanya pengunjung perpus kota sama seperti saya. Lalu saya juga mengajak mbak Tantri yang anggota BBI dan alhamdulillah yang datang banyak :v karena yang aktif komentar tentang gath di trit GR Malang hanya Naranobel, Idan, Anisah dan saya, plus kak Ren yang gak bisa datang karena ada IRF, intinya belum pulang kampung.

Lalu apa saja yang terjadi? Seperti saya sebut sebelumnya, hanya berbincang-bincang yang diakhiri dengan transaksi. Tidak ada "krik-krik" yang saya takutkan walaupun yang datang berbeda buku yang dibaca, malah ada yang mau nyoba-nyoba memperluas genre karena saling berbicara dengan orang yang beda genre buku yang dibaca (saya contohnya, pingin baca apa yang dibaca Anisah, novel-novel Indonesia yang kata Anisah sendiri tidak perlu banyak mikir bacanya).

Saya coba ingat-ingat apa yang kami bicarakan kemaren:

1. Idan bertanya kenapa bisa cewek suka M/M romance karena dia mengamati beberapa cewek suka sekali dengan genre tersebut. Sebenarnya yang nyeletuk ngomongin M/M itu mbak Tantri, saya agak kaget juga, tapi karena Idan, satu-satunya cowok di sana menanggapi tanpa nge-judge, saya langsung menimpali saja, lucu cobak, saya pingin ketawa klo saya ingat-ingat lagi :v

2. 50SoG. Seriously.

3. Kenapa sih cewek suka sekali dengan romance (straight or not)? (yang saya dan Anisah jawab karena cewek butuh drama).

4. Donlod ebook. Saya nyeletuk tentang teman saya di komunitas sebelah yang mengakui donlod karya kreatif orang adalah dosa *ehem* tapi klo mau jadi leecher ya lakukanlah dengan "dignity", yang ditimpali mbak Tantri "udah jangan banyak excuse". Benar sekali, kadang orang itu terlalu banyak alasan xD

5. Isi Goodreads yang lebih banyak ceweknya daripada cowoknya.

6. Genre orang yang datang dan....alasannya?

7. Hal-hal yang OOT seperti kampus, kerjaan, Nelson Mandela, JKT48 dll

Dan karena hujan, kami pindah ke dalam perpus, yang akhirnya malah liat-liat bazar buku di sana, dan akhirnya nunggu hujan reda dengan berdiam diri di lantai 2 (perpustakaannya).

It was fun!

12 comments:

  1. haha, suka laporan gathnya. Ternyata emang BBI di mana aja, pasti dateng2 pada transaksi buku. Kapan2 BBI seIndonesia saling ketemuan yuk #akomodasinyagimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo komunitas sebelah bisa sih, senior2 saya sering datang ke Bintaro demi suatu acara xD

      Delete
  2. Aih.. kalau ada aku.. itu pasti rame sendiri bahas kenapa cewe suka romance :))

    Yang dah pernah ketemu aku itu Tantri. Itu juga pas salaman di pelaminan, heuheuheu. Tapi aku terharu :).

    Gath kali ini lebih niat dari yang pertama dulu itu. Alias yang dulu kesannya rada ngga nyambung :D.

    Tungguin saia pulang kampung ya Mide

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak bilang aja pulangnya kapan? diusahakan kumpul deh xD

      Delete
  3. Hahahha.. Yuk gathering lagi. Pinjem2an buku.

    ReplyDelete
  4. Ayokk~ nanti planningnya lebih mateng lagi mbak :)
    btw, IRF apaan yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Festival Pembaca Indonesia yang diadain oleh Goodreads Indonesia, cmiiw~

      Delete
  5. Perpus Ijen sekarang makin bagusss.... :3

    ReplyDelete
  6. ngetik di twitter "Goodreads Malang", ceritanya mau nyari akun twitter GR Malang. rupanya belum ada. malah nemu twit tentang tulisan ini. ya udah nyasar deh
    ((kok jadi cerita ini))

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)