Tuesday, 3 September 2013

White Cat by Holly Black

x

Judul: White Cat
Penulis: Holly Black
Bahasa: Inggris
Genre: fantasy, misteri, young adult, romance 
Halaman: 320p
Bintang: ✮ ✮ ✮ ✮
Review di Goodreads clik ini

Cassel Sharpe adalah anak terakhir dari keluarga Curse Worker, orang-orang yang bisa mempengaruhi emosi, ingatan, keberuntunganmu dan hal lain hanya dengan sedikit sentuhan tangan saja. Dan karena pekerjaan ini dilarang, Curse Worker adalah kriminal. Karena suatu hal, curse working tidak singgah dalam dirinya. 

Berusaha untuk menjadi normal, ia bersekolah di sekolah orang biasa. Menggunakan tipu muslihat untuk memperoleh apa yang dia mau, bukan hal yang jahat tentunya. Sedikit uang saku dan lain-lain. Namun hal tersebut berubah ketika dia bangun di atap sekolah setelah bermimpi bertemu kucing putih yang mengambil lidahnya. Ada apa sesungguhnya?

Saya membaca buku ini April 2012, saat itu saya sedang sibuk-sibuknya menjadi panitia bunkasai di kampus dan membenamkam diri saya di fandom Harry Potter, sebulan sebelum konser perdana Laruku di Indonesia. Butuh waktu lumayan lama karena, jujur, buku ini awalnya membosankan. Setting dunianya begitu susah di mengerti, young adult bertemu mafia bertemu majik. 

Tapi jika saya diberi rekomendasi secara pribadi oleh seseorang, saya pasti akan membacanya sampai habis. Buku ini adalah rekomendasi seorang teman di Goodreads yang sama-sama suka dengan hubungan yang erat antara saudara :)

Namun hubungan erat saudara seperti yang terjadi antara Itachi dan Sasuke baru terjadi di akhir-akhir buku. Saya butuh sekitar 2 minggu untuk menyelesaikan 1/2 isi buku tapi hanya 2 jam untuk menghabiskan sisanya karena di sanalah plot akan memuncak sampai akhir. Dan twist, twist, twist, saya nangis.

Katanya sih twistnya bisa ditebak, tapi saya gak bisa nebak, mungkin karena jarang baca YA ya :(

Covernya bagus ya? Yang jadi model maksudnya. Ada kucing. Ada cowok ganteng pake jaket dan sarung tangan kulit :v 

Buku ini adalah buku pertama Holly Black yang saya baca. Seperti saya bilang di atas, saya agak kesulitan dengan dunia yang ia bangun untuk novel ini. Namun cara dia mengeksekusi ide sederhana dengan memadukan dunia kriminal dan majik bagus menurut saya. Cara dia menghidupkan karakter Cassel juga bagus, galau-galaunya remaja yang beda sendiri dengan dua saudaranya yang lain, begitu. 

Sayangnya tidak ada karakter yang benar-benar saya suka. Cassel sendiri bukan tipe saya walau dia ganteng (ok, itu berdasarkan covernya ya), tapi toh saya memang jarang sekali suka tokoh utama. Tokoh sampingan yang saya sukai ya kakak Cassel. Kenapa? Spoiler nanti :)

Romance? Yah, pasti ada saja romance di young adult, ciuman dikit tapi gak sampai jauhlah. Setidaknya tidak membuat saya berhenti baca karena unsur romance-nya melebihi setengah isi bukunya. Serial Curse Worker ini layak dikoleksi. Saya menulis review ini juga untuk mengingatkan otak saya tentang buku ini, kan saya mau baca buku yang kedua, sudah menanti di timbunan. Saya juga berencana untuk membaca buku Holly Black yang lain. 

By the way, cara berbohong dengan baik dan benar juga dijelaskan di buku ini. Serius. Ini genrenya ada kriminalnya loh. Empat bintang untuk buku yang menegangkan ini.

Tentang penulis:

Holly Black adalah best selling author dari genre contemporary fantasy untuk anak, remaja dan dewasa. Dia tinggal di Massachusets dengan suaminya, Theo, dan memiliki perpustakaan rahasia. 

Cantik ya mbaknya :)




3 comments:

  1. Pengen baca ini banget banget sumpah deh gak bohong. (Iya, Aul, iya...)

    Dulu lihat ini di diskonan Periplus, Red Glove juga. Tapi gak aku ambil. Nyesel. Sekarang udah gak ada di Periplus. :'((((

    (Iya ini curhat.)
    (Jadi curhat.)
    (Maaf ya.)
    (Sekalian tolong doakan semoga aku berjodoh dengan buku ini.)
    (Terima kasih.)

    ReplyDelete
  2. salah sstu meme yg bikin galau selain WW itu FR..
    Saya juga suka bromance #eh

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)