Saturday, 21 September 2013

Pemenang And the Mountains Echoed Giveaway \o/

And akhirnya giveaway pertama saya sudah berakhir dan saatnya saya memilih pemenang~

Tapi sebelum saya mengumumkan pemenangnya, ada salah satu komentar di post giveaway ini yang meminta pendapat saya :3

"Loyalty is something you get, it is not something you ask."

Itu jika kita membicarakan objek loyalty. 

Sebelum saya mananyakan opini pembaca tentang bagaimana loyalty dibentuk, saya sudah yakin akan banyak yang menjawab loyalty itu dibentuk oleh bagaimana seseorang itu berkembang. Benar. Teori bagaimana kepribadian itu terbentuk, yang saya pelajari di kelas sosiologi saat kelas 1 SMA mengatakan demikian, lingkungan berpengaruh besar terhadap kepribadian seseorang. Walau saya cenderung ke "loyalti sifat psikologi bawaan."

Tapi lingkungan jelas berpengaruh.

Contohnya saja, tentara. Dosen Kewarganegaraan saya dulu pernah mengatakan, tentara itu dikondisikan untuk selalu patuh. "Mereka dirusak hatinya, lalu dibuat lagi hati itu menjadi yang diinginkan pembuatnya." Patuh itu sebelas dua belas dengan setia? Tidak. Banyak juga tentara yang berkhianat, tapi lebih banyak tentara yang punya kesetiaan yang hampir menjurus pada kesetiaan yang buta. "My country, right or wrong."

Karena pertanyaan ini berhubungan dengan buku ini, saya berusaha tidak nge-spoiler, maka saya akan berbicara tentang Kite Runner saja. Hassan itu kan adik tirinya Amir, ayahnya bukan orang yang bisa dibilang setia, kenapa Hassan begitu? Apa itu karena pengaruh Ali (ayah tiri) yang mengangkatnya? Bisa, bisa jadi! Bukan turunan nampaknya.

Namun coba jika kita melihat dalam keluarga, ada keluarga dengan 5 anak, dibesarkan dengan cara yang sama oleh orang tua yang sama, tapi hasilnya hanya satu anak yang bisa loyal ke orang tuanya. Saya sudah melihat ini di dunia nyata, makanya saya lebih condong dengan loyalty itu sifat psikologi bawaan. Dan itu termasuk genetika. Sifat seseorang dalam gen itu sebuah misteri ya, kenapa dari 5 saudara kandung hanya satu yang bisa setia? 

Apakah seperti kata mbak Cinthia, jika loyalty itu tergantung dari obyek kesetiaan tersebut? Yang beropini jika itu genetika sedikit loh :p

Dan ini bukan giveaway berdasarkan suka atau tidaknya saya dengan pendapat orang, murni random dari rafflecopter. So yeah, ini lah pemenangnya!

Tammy Rahmasari

Selamat ya~ dm saya alamat kamu lewat twitter ya (@hami_02)

2 comments:

  1. Wah... saya menang. Makasih ya XD

    Alamat meluncur lewat e-mail ya :3

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)