Wednesday, 7 August 2013

Wishful Wednesday [9]

Saya kira hari ini bakal libur Wishful Wednesday karena biasanya sehari sebelum lebaran saya sibuk, tapi ternyata bisa disambi juga di sore harinya. Plus wifi tetangga juga gak dimatiin, ya plus plus berkah ramadan :3

Nah, WW saya kali ini berhubungan dengan kasus yang saya temui hari ini, kasus lama sih, tapi muncul lagi.

Tadi saya browsing tumblr dan lihat ada debat pro-choice dan pro-life di tumblr, ada gambar bagaimana janin di"congkel" dari rahim dan pro-life menganggap hal itu sangat kejam. Lalu ada yang membela jika aborsi tidak selalu merupakan hal "kotor". Lah klo aborsi diperlukan untuk masalah kesehatan ibu bagaimana?


Kemaren sempat rame kan masalah undang-undang aborsi di Texas dan karena tumblr itu sangat US-centric, saya mau tak mau ngerti masalah mereka. Tapi bukan berarti itu bukan masalah yang tidak penting. Aborsi itu masalah penting yang seharusnya kita tak boleh tutup mata. Namun, bagaimana wanita Indonesia dan wanita di luar menyikapi masalah aborsi itu bisa dibilang beda, masalah kebudayaan dan kepercayaan adalah faktor besar.

Lalu, intinya apa saya ngomong ngalor-ngidul tentang aborsi? Kemaren ada teman feminist saya yang review buku, yah nyrempet-nyrempet tentang aborsilah, waktu saya baca reviewnya saya benar-benar takut dan mual, bukan dalam hal review-nya jelek atau apa, tapi karena buku yang dia review settingnya begitu mengerikan. Nah apa sih bukunya?


The Second Civil War was fought over reproductive rights. The chilling resolution: Life is inviolable from the moment of conception until age thirteen. Between the ages of thirteen and eighteen, however, parents can have their child "unwound," whereby all of the child's organs are transplanted into different donors, so life doesn't technically end. Connor is too difficult for his parents to control. Risa, a ward of the state is not enough to be kept alive. And Lev is a tithe, a child conceived and raised to be unwound. Together, they may have a chance to escape and to survive. - via Goodreads

Saya pernah ke blog cewek religius banget, pro-life obviously, di tumblr, jarang-jarang kan saya gitu, dashboard tumblr saya isinya fandom dan blogger social justice, nah saya liat post isinya klo ada ide bahwa "membunuh" bayi di bawah umur berapa gitu (saya sengaja lupa) seharusnya dibolehkan jika orang tua menginnginkan atau kondisinya tidak memungkinkan, karena ilmuwan telah membuktikan bahwa bayi umur segitu belum punya kesadaran manusia. Tidak mau melanjutkan, saya langsung tutub tab tumblr, ngeri cuy. Ini bukan jaman Nazi kan?

Hal itu sesungguhnya yang membuat saya mual, kok bisa idenya sama dengan Unwind ini?

Lalu saya pernah liat bang Tezar udah baca buku ini dan ternyata Agustus ini bukunya diterbitin. Woo to the aaa!! Saya pernah bilang saya belum mau baca buku ini karena ide gilanya, tapi yah...ditumpuk dulu aja ya :)

Nah, apa wishful wednesday-mu?

1. Silakan follow blog Books To Share – atau tambahkan di blogroll/link blogmu =)
2. Buat posting mengenai buku-buku (boleh lebih dari 1) atau segala hal yang berhubungan dengan kebutuhan bookish kalian, yang jadi inceran kalian minggu ini, mulai dari yang bakal segera dibeli, sampai yang paling mustahil dan hanya sebatas mimpi. Oya, sertakan juga alasan kenapa buku/benda itu masuk dalam wishlist kalian ya!
3. Tinggalkan link postingan Wishful Wednesday kalian di Mr. Linky (klik saja tombol Mr. Linky di bagian bawah post). Kalau mau, silakan tambahkan button Wishful Wednesday di posting kalian.
4. Mari saling berkunjung ke sesama blogger yang sudah ikut share wishlistnya di hari Rabu =)

7 comments:

  1. sekebacanya sih, keren :) semoga dapat ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin, aku nunggu review kak tezar yang pastinya punya pemikiran beda dengan temanku :3

      Delete
  2. widiihhh.. tema bukunya makjleb.. semoga dapet dan nunggu reviewnya, ah... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin :D nunggu diterbitin gramedia dulu yak~

      Delete
  3. tumblr mu apa sih? aku paling penasaran kalau ada debat yg temanya kontroversial gitu

    Semoga kesampaian yah untuk bukunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumblr-ku usernamenya mide-tan, ada di samping linknya dan masalah aborsi ini gak aku reblog soalnya aku gak bisa memihak :(

      yoi, amin ya kak ^_^

      Delete
  4. WW ke 3 yang wishnya buku ini :D semakin penasaran pengen bacaaaa....semoga terkabul ya!

    ReplyDelete

sankyu ya (*≧▽≦)