Saturday, 10 August 2013

100 Characters from Classical Mythology by Malcolm Day



Judul: 
100 Characters from Classical Mythology: Discover the Fascinating Stories of the Greek and Roman Deities
Penulis: Malcolm Day
Bahasa: Inggris
Genre: non-fiksi, fantasy, historical
Status: pinjam kak Shinta
Bintang: ✮ ✮ ✮ ✮
Review di Goodreads klik ini

Blurb:
Mind-expanding and entertaining, this intriguing book charts 100 of the most important characters from Greco-Roman mythology, from the primodial deities to the great gods of Olympus and the shadowy inhabitants of Hades. Adressing universal themes such as love, jealousy, anger, ambition, deceit, and beauty, their stories are as relevant today as they were in ancient times.
~*~*~
Buku ini lebih bisa dibilang mendidik daripada entertaining bagi saya yang tidak begitu peduli dengan mitologi Yunani. 

Belakangan ini saya begitu terobsesi dengan Iskandar Agung setelah menonton Fate/Zero, cerita tentang Iskandar dari Macedonia banyak disisipi cerita tentang mitologi Yunani. Saya sedikit mengerti kenapa ibu Iskandar yang berhubungan dengan ular mengingat banyak cult yang berasal dari mitologi ini yang berhubungan dengan ular. Setelah membaca Historie dan tahu kak Shinta punya buku ini, sekalian saja saya pinjam :3

Awalnya sangat sulit untuk mengerti buku karena seperti yang saya katakan tadi saya tidak begitu peduli dengan mitologi, saya suka sejarah tapi entah kenapa saya jarang sekali menyentuh apapun yang berbau mitologi. Dengan nama-nama seperti Pollux, Hippolyta, Charybdis dll yang bagi saya sangat sulit disebutkan seperti nama-nama dalam mitologi Skandinavia. Pada akhirnya saya lebih memilih untuk mengingat tokoh-tokoh yang sulit disebutkan namanya dengan mengingat apa yang mereka lakukan dalam mitologi. Dalam kehidupan nyata saya sering lupa nama teman saya sendiri. Penyakit (?)

Anyway, saya tidak pernah membaca tentang mitologi Yunani bahkan ketika sekolah saya menyediakan buku-buku tentang mitologi Yunani di bagian paling bawah rak sejarah (saya ingat loh, soalnya perpus SMA saya itu surga kecil). Tahu Zeus dan Hades itu siapa cukup bagi saya. Bahkan saya tidak tahu banyak tentang Perang Troya. Pengalaman saya dengan mitologi Yunani hanya menonton Hercules waktu kecil dan membuat drama tentang Perseus dan Andromeda untuk tugas akhir entah pelajaran apa waktu SMP, saya jadi ibu Andromeda, Cassiopeia :D

Saya baca ini dari halaman awal sampai akhir loh. Point plusnya dan yang sesungguhnya buat agak susah adalah ada pohon keluarga sejak awal pembentukan dunia. Mulai dari Chaos, yang darinya tercipta Gaia, Nyx, Erebus, Tartarus dan Eros, dewa-dewa kuno, lalu incest-inbred sana-sini dan munculah Titans: Chorus, Rhena dll. Incest sana-sini lagi lalu muncullah dewa-dewi Olympus. Pohon keluargnya mulai awal sampai kisah-kisah pahlawan Yunani dan hubungannya dengan dewa-dewi. Yang paling akhir adalah kisah Odysseus yang dikutuk setelah Perang Troja.

Point plusnya lagi adalah dalam buku ini ditambah lukisan-lukisan dan foto patung-patung dari dewa-dewa. Gambar paling atas di cover adalah kisah tentang The Fall of Icarus, anak Daedalus ketika mereka melarikan diri dari kerajaan Minos. Sedangkan lukisan di bagian bawah adalah Aeneas Flees Troy. Banyak lagi ilustrasi menarik lainnya di buku ini. Sangat saya sarankan dibaca oleh kalian yang suka mitologi-mitologi. Kak Shinta beli di Gramedia loh, mungkin saja masih ada :3


No comments:

Post a Comment

sankyu ya (*≧▽≦)